Advertisement

Responsive Advertisement

Contoh RPP 1 Lembar Terbaru Mata Pelajaran IPA Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Identitas Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Alokasi Waktu
SMPN 1 Juai
Ilmu Pengetahuan Alam
VII/Genap
2 JP

Tujuan Pembelajaran
KD 3.6
KD 4.6
Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, dan komposisi utama penyusun sel.
Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
IPK 3
IPK 4
1.       Menjelaskan pengertian organ.
2.       Membedakan organ-organ yang terdapat pada tumbuhan dan hewan.
3.       Menjelaskan sistem organ pada tumbuhan dan hewan.
1.       Membuat replika organ tumbuhan, hewan, dan manusia.
Melalui Pembelajaran model Problem Based Learning peserta didik dapat menjelaskan pengertian organ, membedakan organ-organ yang terdapat pada tumbuhan dan hewan, menjelaskan sistem organ pada tumbuhan dan hewan dan terampil membuat karya sederhana replika organ penyusun tumbuhan, hewan, dan manusia serta berperilaku teliti, jujur, tekun terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam observasi, berperilaku santun dan berani mengajukan pertanyaan dan argumentasi.
Materi Pembelajaran
Organ dan Sistem Organ pada Tumbuhan dan Hewan

Model, Produk, Deskripsi
Langkah Pembelajaran
PPK, Literasi, 4C, HOTS
Waktu
Model:
Problem Based Learning
Produk:
Replika Organ Tumbuhan dan Hewan
Deskripsi:
Secara kolaboratif mengamati replika organ tumbuhan dan hewan
Pendahuluan:
Salam, memimpin doa, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan skenario pembelajaran.
Motivasi: Membawakan sebatang tanaman dan gambar organ manusia
Inti:
1.     Orientasi masalah
·     Apa yang akan terjadi pada tubuh organisme apabila mengalami kerusakan pada salah satu organ?
2.     Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
·     Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan pada LKPD.
3.     Membimbing penyelidikan kelompok
·     Peserta didik mencari informasi tentang organ dan sistem organ pada organisme.
·     Peserta didik melakukan diskusi dan analisis berdasarkan informasi yang didapatkan.
4.     Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·      Peserta didik membuat replika organ pada tumbuhan, hewan (kodok, burung, sapi), dan manusia.
·      Peserta didik mempresentasikan replika organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia yang telah dibuat.  
5.     Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·     Guru mengklarifikasi hasil diskusi peserta didik
Penutup:
·     Peserta didik membuat kesimpulan
·     Guru melakukan refleksi, penghargaan dan tindak lanjut

Religius dan kemandirian




Kritis dan komunikatif





Kritis, komunikatif, literasi

Kritis, komunikatif, kolaboratif, literasi, integritas gotong royong


Kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, literasi


5’


5’


5’





10’


20’



20’




10’


5’
Alat, Bahan, dan Media:
PPT organ pada tumbuhan dan hewan, kain flanel, gunting, pensil, benang, jarum

Penilaian : Tes tulis (berupa pilihan ganda atau uraian) (Penilaian Pengetahuan) dan kinerja (Penilaian Keterampilan)
Remidial: Penugasan (menuliskan organ-organ yang menyusun sistem organ pada tumbuhan dan 5 jenis hewan)
Pengayaan : Penugasan mencari artikel ilmiah tentang perdagangan organ tubuh manusia atau penggunaan organ tubuh manusia bagi kepentingan medis.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Juai,              Januari 2020
Mengetahui
Kepala SMPN 1 Juai                                                                          Guru Mata Pelajaran IPA



Wita Pipin Purbawati, S.Pd                                                                 Rinawati, S.Pd
NIP. 19691217200501 2 005                                                              NIP. -


Post a Comment

0 Comments