Identitas Sekolah
|
Mata Pelajaran
|
Kelas/Semester
|
Alokasi Waktu
|
|||
SMPN 1 Juai
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
VII/Genap
|
2 JP
|
|||
|
||||||
Tujuan
Pembelajaran
|
KD
3.6
|
KD
4.6
|
||||
Memahami sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organisme, dan komposisi utama penyusun sel.
|
Membuat
model struktur sel tumbuhan/hewan
|
|||||
IPK
3
|
IPK
4
|
|||||
1.
Menjelaskan
pengertian organ.
2.
Membedakan
organ-organ yang terdapat pada tumbuhan dan hewan.
3.
Menjelaskan sistem organ pada
tumbuhan dan hewan.
|
1. Membuat
replika organ tumbuhan, hewan, dan manusia.
|
|||||
Melalui
Pembelajaran model Problem Based
Learning peserta didik dapat menjelaskan pengertian organ, membedakan
organ-organ yang terdapat pada tumbuhan dan hewan, menjelaskan sistem organ
pada tumbuhan dan hewan dan terampil membuat karya sederhana replika organ
penyusun tumbuhan, hewan, dan manusia serta berperilaku teliti, jujur, tekun
terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam observasi,
berperilaku santun dan berani mengajukan pertanyaan dan argumentasi.
|
||||||
Materi Pembelajaran
|
Organ
dan Sistem Organ pada Tumbuhan dan Hewan
|
|||||
|
||||||
Model, Produk,
Deskripsi
|
Langkah Pembelajaran
|
PPK, Literasi,
4C, HOTS
|
Waktu
|
|||
Model:
Problem
Based Learning
Produk:
Replika
Organ Tumbuhan dan Hewan
Deskripsi:
Secara
kolaboratif mengamati replika organ tumbuhan dan hewan
|
Pendahuluan:
Salam, memimpin doa, mengecek kehadiran siswa,
menyampaikan skenario pembelajaran.
Motivasi: Membawakan sebatang tanaman dan gambar organ manusia
Inti:
1. Orientasi masalah
·
Apa yang akan
terjadi pada tubuh organisme apabila mengalami kerusakan pada salah satu
organ?
2. Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
·
Peserta didik secara
berkelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan pada LKPD.
3. Membimbing
penyelidikan kelompok
·
Peserta didik mencari
informasi tentang organ dan sistem organ pada organisme.
·
Peserta didik
melakukan diskusi dan analisis berdasarkan informasi yang didapatkan.
4. Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
·
Peserta didik
membuat replika organ pada tumbuhan, hewan (kodok, burung, sapi), dan
manusia.
·
Peserta didik
mempresentasikan replika organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia yang telah
dibuat.
5. Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
·
Guru
mengklarifikasi hasil diskusi peserta didik
Penutup:
·
Peserta didik
membuat kesimpulan
·
Guru melakukan
refleksi, penghargaan dan tindak lanjut
|
Religius dan kemandirian
Kritis dan komunikatif
Kritis, komunikatif, literasi
Kritis, komunikatif, kolaboratif, literasi, integritas
gotong royong
Kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, literasi
|
5’
5’
5’
10’
20’
20’
10’
5’
|
|||
Alat, Bahan, dan Media:
PPT
organ pada tumbuhan dan hewan, kain flanel, gunting, pensil, benang, jarum
|
||||||
|
||||||
Penilaian : Tes tulis (berupa pilihan ganda atau uraian) (Penilaian
Pengetahuan) dan kinerja (Penilaian Keterampilan)
Remidial: Penugasan (menuliskan organ-organ yang menyusun sistem
organ pada tumbuhan dan 5 jenis hewan)
Pengayaan : Penugasan mencari artikel ilmiah tentang perdagangan
organ tubuh manusia atau penggunaan organ tubuh manusia bagi kepentingan
medis.
|
||||||
Mengetahui
Kepala
SMPN 1 Juai Guru
Mata Pelajaran IPA
Wita Pipin Purbawati, S.Pd Rinawati,
S.Pd
NIP.
19691217200501 2 005 NIP.
-
0 Comments