Advertisement

Responsive Advertisement

Pelangi itu ???



Pelangi ???
Apa itu pelangi. Pelangi itu keindahan. Pelangi itu warna warninya dunia. Pelangi itu pelajaran, dari perbedaan lah kita temukan kebahagiaan. Pelangi itu ibarat pemecahan masalah, dari keributan yang ditimbulkan hujan, dan cahaya matahari yang memanaskan suasana. Pelangi itu datangnya tak terduga, hilangnya pun sekejap mata. Itu menurutku @rin_arianawa
Pertanyaan selanjutnya?
Bagaimanakah pelangi itu bisa terbentuk?
Ya secara ilmiah pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibelokkan sedangkan ungu adalah warna pertama. Fenomena ini yang kita lihat sebagai pelangi.
Selain itu dari sudut pandang  Al-qur’an QS. Al-Faathir [35]: 27 yang artinya: “Tidakkah kamu melihat bahwasannya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam warnanya. Dan diantara gunung-gunung itu ada gars-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya da nada (pula) yang hitam pekat.” Di ayat tersebut memang hanya disebut putih, merah, dan aneka macam warna. Tetapi warna putih adalah perpaduan antara seluruh warna, dari warna putih inilah setelah ‘dibelokkan’ oleh molekul-molekul air di udara dan  dilihat dari sudut pandang tertentu dia akan memunculkan aneka warna yang disebut pelangi.
Sedangkan warna merah adalah warna dengan gelombang panjang tertinggi yang bisa dilihat oleh mata manusia (650-750 nm), warna-warna lain panjang gelombangnya dibawah rentang ini.
Lantas apa hubungannya antara warna pelangi dilangit dengan warna-warninya buah-buahan yang disebut di ayat yang sama tersebut? Itulah salah satu bukti kebenaran Al-Qur’an bahwa ada satu  pencipta yang sama di antara apa yang ada di langit dengan ada di bumi.
Bila kita sempat mengumpulkan aneka ragam buah-buahan yang ada di bumi, maka kita akan bisa mengumpulkannya secara lengkap sesuai urutan gradasi warna yang ada di pelangi- selalu ada warna buah yang pas dengan warna pelangi.
Semua ciptaan Tuhan memiliki makna mereka tersendiri. Subhanallah .
“Tugas itu seperti cahaya matahari, peluh itu seperti tetesan hujan. Ketika semua selesai dengan kerja keras sendiri, InsyaAllah kan menjadi sebuah Pelangi Indah yang menyejukan mata melihatnya, menenteramkan jiwa yang merasakannya, membanggakan Ortu yang jauh disana, dan akan mengukir senyuman bagi yang melukisnya.” @rin_arianawa
Nah itulah cerita singkatku tentang pelangi yang menjadi inspirasiku. Raih kebahagiaan dengan perbedaan. :)

Post a Comment

0 Comments