Advertisement

Responsive Advertisement

Tips dalam Pembuatan Power Point dan Melakukan Presentasi



Tugas Mata Kuliah TIK
Program Studi Pendidikan Biologi 2014

Ada beberapa tips dalam pembuatan power point dan dalam hal melakukan presentasi agar mudah dipahami oleh audiens.

Pembuatan Power Point
5 Tips membuat slide presentasi yang baik dan menarik, yaitu:
    1.       Gambar dan Kata Kunci
Ganti bullet point dengan kata kunci dan gambar.
    2.       Ringkas Teks
Ringkas dan sederhanakan teks anda, untuk membuat pesan yang jernih.
    3.      Gambar dan Angka
Ubah teks dengan gambar dan angka (gambar dan angka membuat audiens berimajinasi).
    4.      Unik dan menarik
Ubah cara penyajian dengan cara menarik (agar mudah di ingat oleh audiens).
    5.      Posisi Gambar Tepat
Posisikan gambar dengan tepat (memposisikan teks dengan gambar harus tepat agar mudah di pahami oleh audiens).

Gestur Tangan Ketika Presentasi
Gestur tangan sangat penting diperhatikan saat presentasi, karena gestur tangan juga akan membantu penyampaian kita terhadap materi presentasi yang akan kita berikan pada audiens.
3 Hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang presentasi, yaitu:
    1.       Tangan dibelakang
Karena kita akan terlihat kaku oleh audiens, atau bisa juga terlihat gugup.
    2.       Tangan di dalam saku
Karena kita akan terlihat seperti merendahkan diri audiens, atau bisa juga songong, atau nyepelein audiens.
    3.      Tangan di pinggang
Karena kita akan terlihat seperti orang marah, atau bisa terlihat seperti orang sombong.
Nah maka dari itu kita harus menghindari 3 hal tersebut, karena persepsi tiap orang itu berbeda-beda. Jadi, lakukan yang terbaik agar presentasimu mudah dipahami audiens.

Bagaimana sih Agar Audiens Tetap Memperhatikan Kita Saat Presentasi?
Berikut ini hal-hal yang mesti kamu lakukan agar audiens tidak bosan memperhatikanmu, atau bahkan mengantuk ketika memperhatikanmu, di tambah lagi kalau materi yang kamu presentasikan itu membosankan, sangat sangat membosankan. Oke baiklah tidak panjang lebar, ada 2 hal yang mesti kamu lakukan agar audiens memperhatikan kamu saat presentasi, yaitu:
    1.       Tersambung dengan audiens (connected).
Dimana koneksi kita dengan audiens itu harus selalu tersambung jangan sampai terputus, agar pikiran audiens tetap dalam materi presentasi kita, selain itu agar audiens tidak melakukan hal lain seperti memainkan hpnya, maka kita harus menatap mata audiens, tapi jangan menatap hanya pada satu audiens, tetapi semua audiens (audiens berjumlah maksimal 30 orang). Intinya jadilah seperti Bluetooth yang selalu tersambung.
   2.       Jika lebih dari 30 orang audiens yang memungkinkan kamu tidak dapat menatap satu per satu mata audiens, maka paling tidak pandangan kamu harus ke kiri ke kanan ke kanan ke kiri, agar audiens juga merasa hidup dalam materi presentasi yang kamu bawakan.

Mempersiapkan Presentasi yang Baik
Tips mempersiapkan diri sehari sebelum presentasi, yaitu:
    1.       Buatlah semenarik mungkin
Buat jeda untuk melakukan humor, agar audiens tidak jenuh dan tegang dengan materi kita, apalagi materi yang kita bawakan itu sulit dipahami.
    2.       Ketahui audiensmu
Mengetahui siapa audiensmu itu penting, agar kamu dapat menyesuaikan kata-kata yang harus dan tidak boleh digunakan saat presentasi, serta untuk memudahkan kita memilih pakaian yang pantas saat presentasi nanti.
   3.      Jangan beritahu orang bahwa kamu sedang gugup
Jika kamu melakukan itu, maka itu adalah hal yang salah karena audiensmu tidak akan memperhatikanmu, bahkan akan menyepelekanmu.
    4.      Rekam diri kamu
Cobalah kamu melakukan presentasi sendiri di depan kamera sampai kamu merasa presentasi mu itu baik dan kamu mengatakan “this is the best”.
    5.      Bergeraklah ke sekitar anda
Berjalan ke kiri atau ke kanan audiens akan membantu kamu menghilangkan gugup dan menguasai ruangan. Jadi jangan gelisah.
    6.      Kurangi kecepatan
Kebanyakan orang tidak sadar kalau saat dia mempresentasikan sesuatu itu dengan cepat, itu dikarenakan dia ingin cepat-cepat selesai saat presentasi, tetapi itu adalah hal yang salah. Cepat hanya akan mempersulit diri kita sendiri. 
    7.      Bertanya tentang apa yang sudah kamu lakukan pada audiens
Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah audiens benar-benar paham atau hanya pura-pura paham, selain itu juga untuk mengetahui kesalahan kita selama presentasi, agar pada presentasi selanjutnya kita dapat memperbaiki kesalahan tersebut, selain itu juga untuk menumbuhkan rasa percaya diri kita saat presentasi berikutnya.

Penggunaan Kata Ehm, Ahm, Eee, atau Arh Saat Presentasi
Mungkin banyak dari teman kamu yang saat presentasi melakukan hal itu, atau bisa saja kita sendiri juga yang melakukan hal itu. Ya sangat wajar untuk melakukan itu, tetapi jangan keseringan karena akan membuat audiens bosan sama kata-kata kita, pokoknya harus dihindari banget, paling tidak diminimalkan.
Berikut adalah tips untuk mengurangi penggunaan kata ehm, ahm, eee atau arh, yaitu:
    1.       Rekam pembicaraanmu
Rekamlah saat berbicara dengan teman, baik di telepon atau sedang berhadapan langsung. Setelah di rekam, hitung berapa kali kamu mengatakan ehm, ahm, ee, atau arh, apakah masih di bawah minmal atau di atas maksimal, jika di atas maksimal maka kamu harus bisa meminimalkan penggunaan kata tesebut, bisa dengan cara menempel isyarat untuk tidak menggunakan kata ehm di tempat yang kamu sering kunjungi, seperti di kamar, dapur, ruang tamu, atau dimana saja yang memungkinkan kamu untuk menggunakan kata tersebut.
    2.       Gunakan gestur untuk meminimalkan penggunaan kata ehm
Seperti dengan sekali bertepuk tangan, atau menepuk jidat, atau memetik jari, atau apapun yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkannnya.

Itulah yang bisa saya share tentang video yang ditampilkan dalam pembelajaran mata kuliah TIK. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung :)

Post a Comment

0 Comments